Langsung ke konten utama

Faktor Penyebab Penuaan Dini Pada kulit Wajah dan Cara Mencegahnya

Hampir setiap wanita selalu menginginkan kulit wajah yang sehat, mulus, serta tetap terlihat kencang meskipun usia kita sudah tidak muda lagi. Namun, hal tersebut hampir tak mungkin akan menjadi kenyataan apabila Anda tidak memulainya melakukan perawatan sejak muda atau pun memulainya saat usia kita sudah masuk lanjut usia. P roses penuaan pada kulit wajah tidak bisa kita hindari sedikitpun,kamu hanya bisa mencegah atau melindungi agar dampaknya tidak lebih cepat ,kecuali kamu memang tipe orang yang terbiasa memulai melakukan ekstra perawatan ketika usia kulit kamu sudah mengalami penuaan. Memiliki kulit kendur atau keriput pada wajah merupakan suatu tanda bahwa proses penuaan atau perubahan kulit wajah sudah mulai terjadi dengan bertambahnya usia pada kulit kita.  Jika dibagi kulit memiliki 3 lapisan yang terdiri dari :  1. Bagian luar (epidermis), mengandung sel-sel kulit dan pigmen/warna kulit 2. Bagian tengah (dermis), mengandung pembuluh darah, saraf, folikel rambut, dan kelenjar

Kenali Gejala Gatal di Badan pada Masa Kehamilan

Saat memasuki masa kehamilan, umumnya ibu hamil akan mengalami beragam masalah mulai dari mual, muntah, sulit tidur, sering buang air kecil, hingga gatal-gatal di badan. Sama halnya dengan masalah lain, masalah ibu hamil gatal-gatal di badan juga dipicu oleh faktor tertentu yang berhubungan dengan perubahan fisik dan hormon yang dialami di masa kehamilan, apalagi pada masa kehamilan kulit memang mengalami perubahan yang cukup signifikan. Namun, dengan mengetahui faktor penyebabnya, ibu hamil bisa mengatasi masalah tersebut dengan tepat.

Penyebab Gatal Pada Ibu Hamil

ibu hamil gatal-gatal

Rasa gatal yang dialami oleh ibu hamil adalah gejala wajar yang dirasakan oleh kebanyakan ibu, terutama ibu yang baru pertama kali hamil atau ibu yang memiliki calon bayi kembar karena masalah ini dipicu oleh perubahan struktur kulit dan juga perubahan produksi hormon pada masa kehamilan. Secara umum, penyebab gatal dapat dibedakan sebagai berikut:
  • Perubahan struktur kulit yang membuat kulit ibu menjadi kering dan terasa gatal.
  • Peningkatakan hormon gonadoptropin dan estrogen yang memicu rasa gatal di kulit yang memicu terjadinya PUPP (Pruritic Urticarial Papules and Plaques of Pregnancy) yang mengakibatkan rasa gatal di daerah dekat pusar, selakangan, hingga paha yang biasanya berupa rasa gatal saja hingga bercak merah pada permukaan kulit.
  • Penyebab lain berupa virus yang juga diderita pada orang biasa, misalnya herpes.
Tips Meringankan Rasa Gatal Pada Ibu Hamil

Sama seperti masalah lain, gejala gatal yang dialami oleh tubuh di masa kehamilan dapat menjadi masalah ringan karena bisa dikurangi sesuai dengan pemicunya, tetapi masalah ini juga bisa menjadi salah satu persoalan yang besar ketika rasa gatal yang diderita sangat mengganggu dan menyiksa, apalagi bekas yang ditimbulkan dari kebiasaan menggaruk bisa menganggu penampilan. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat diambil untuk mengurangi masalah gatal yang menyiksa pada masa kehamilan:
  • Segera konsultasikan ke dokter untuk mengetahui penyebab utama masalah gatal yang diderita dan juga penanganannya. Pada masalah herpes yang disebabkan oleh virus, ibu akan langsung bisa menanganinya sesuai dengan petunjuk dokter.  Selain itu, untuk gejala gatal yang disebabkan oleh PUPP biasanya ibu akan memperoleh salep atau obat oles untuk meringankan rasa gatal.
  • Pilihlah pakaian yang berbahan dasar katun agar nyaman dipakai dan mudah menyerap keringat yang banyak keluar setelah melakukan aktivitas.
  • Pilihlah sabun yang memiliki pH rendah.
  • Konsumsi air putih yang cukup untuk mengurangi masalah kulit kering.
  • Makan sayuran maupun buah untuk meningkatkan kelembaban dan kesehatan kulit, apalagi sayuran dan buah juga sangat penting untuk kebutuhan nutrisi bayi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contact Me

Silah hubungi kami jika ada yang ingin disampaikan. caranya silahkan isi form yang ada di bawah ini. Nama Anda : Email: (wajib) Pesan: (wajib) Kami akan segera menghubungi anda secepatnya 2 kali dalam 24 jam. Thanks.....

Boleh Ga Ibu Hamil Minum Coca Cola, Apakah Aman ?

Mayoritas wanita mengandung mengalami mual dan tidak nafsu minum ketika hamil muda, untuk itu mereka sering bertanya apakah boleh ibu hamil minum coca cola dan aman ga ? Benar adanya memang kebanyak perempuan muda atau ibu-ibu sekarang gemar minum minuman bersoda dan untuk merubah kebiasaan ini tidaklah mudah. Bisa kita lihat berbagai iklan Coca Cola menggempur media televisi, internet dan media cetak sehingga memberikan persepsi bahwa kalau ingin momen berharga dan menyenangkan harus minum coca-cola, benar tidak ? Dan tidak heran juga banyak perempuan dengan anugrah kehamilan bertanya-tanya " ibu hamil boleh tidak minum coca cola ? "  Ada yang memberitahu kami bahwa minum coca cola selama masa kehamilan akan membuat anak cenderung bertingkah hiperaktif karena efek minuman bersoda, akan tetapi kebenaran hal ini masih belum diketahui karena blum ada penelitian yang konkret. Bolehkah Ibu Hamil Muda Minum Coca-Cola ? Sebenarnya wanita mengandung boleh dan aman minum coca cola me

Ciri Ibu Hamil Yang Mau Melahirkan

Ciri ibu hamil yang mau melahirkan akan menjadi pemahaman penting bagi mama yang akan dan sudah memasuki masa 9 bulan kehamilan sehingga dapat mempersiapkan fisik, mental dan segala keperluan untuk menyambut kedatangan jabang bayi terkasih. Sering ada dalam pikiran ibu hamil tetang adakah cara yang begitu tepat dalam memprediksi kapan persalinan itu tiba ? Jawabannya Tidak juga. Karena para ahli kandungan tidak sepenuhnya mengetahui betul kapan terjadinya persalinan, sehingga memprediksi secara tepat kapan persalinan di mulai dengan mengetahui ciri ibu hamil yang mau melahirkan. Tanda-Tanda Ibu Hamil Yang Mau Melahirkan Bunda kemungkinan akan merasakan beban berat di panggul bunda bahkan tekanan ini dirasakan sampai pada rusuk bunda, kemudian bunda merasa susah dalam bernapas dan ini adalah ciri awal masa persalinan. Kontraksi menjelang kelahiran dapat dikatakan sebagai tanda-tanda atau sinyal pra persalinan, di mana ada tekanan pada punggung dan beberapa perempuan hamil akan mengalami