Langsung ke konten utama

Faktor Penyebab Penuaan Dini Pada kulit Wajah dan Cara Mencegahnya

Hampir setiap wanita selalu menginginkan kulit wajah yang sehat, mulus, serta tetap terlihat kencang meskipun usia kita sudah tidak muda lagi. Namun, hal tersebut hampir tak mungkin akan menjadi kenyataan apabila Anda tidak memulainya melakukan perawatan sejak muda atau pun memulainya saat usia kita sudah masuk lanjut usia. P roses penuaan pada kulit wajah tidak bisa kita hindari sedikitpun,kamu hanya bisa mencegah atau melindungi agar dampaknya tidak lebih cepat ,kecuali kamu memang tipe orang yang terbiasa memulai melakukan ekstra perawatan ketika usia kulit kamu sudah mengalami penuaan. Memiliki kulit kendur atau keriput pada wajah merupakan suatu tanda bahwa proses penuaan atau perubahan kulit wajah sudah mulai terjadi dengan bertambahnya usia pada kulit kita.  Jika dibagi kulit memiliki 3 lapisan yang terdiri dari :  1. Bagian luar (epidermis), mengandung sel-sel kulit dan pigmen/warna kulit 2. Bagian tengah (dermis), mengandung pembuluh darah, saraf, folikel rambut, dan kelenjar

Khasiat & Manfaat Ginseng sebagai tanaman berharga

Khasiat & Manfaat Ginseng Tanaman Berharga

Asal Usul Ginseng


Ginseng adalah tanaman yang tumbuh sepanjang tahun. Masuk dalam keluarga Panax, yang berasal dari bahasa Yunani Panakos atau Panacea dalam bahasa Inggris, yang berarti obat segala penyakit. Ginseng hampir selalu melingkupi cerita-cerita rakyat dan keajaiban, seperti hutan gunung dimana dia tumbuh secara alamiah.

Gingseng di Asia maupun Amerika, semuanya dimanfaatkan sebagai pengobatan, mereka memiliki kesamaan cara tumbuh dan penampilan, yang membedakan hanya varietas Asia lebih besar. Bangsa Indian Amerika memiliki metode khusus dalam memanen akar ginseng, akarnya baru bisa diambil setelah buah merah dari tanaman ini telah matang.

Ginseng Asia (Panax Ginseng) ditemukan terutama di belahan bumi bagian utara dan di daratan China, Tibet, Mongolia dan Korea. Di Korea dan Mancuria secara tradisional dianggap sebagai tanaman yang sangat berharga. Orang China yang kaya akan membayar sampai 2 milyar rupiah untuk mendapatkan khasiat peningkatan vitalitas dari akar ginseng bermutu tinggi. Jenis ginseng tropis dapat ditemukan di Vietnam, yaitu Panax vietnamensis.

Di Indonesia terdapat juga tumbuhan yang memiliki khasiat sama dengan ginseng yaitu ginseng Jawa. Sementara di Jepang dikenal sebagai Panax japonica, akar yang sangat berharga ini tumbuh liar di daerah pegunungan Korea, Changbai dan Gunung Xiaoxinganling di Timur Laut China. Mereka tumbuh di lereng-lereng pegunungan dengan ketinggian 500 - 1.000 meter dari permukaan laut.

Ginseng merupakan tanaman yang paling berharga dari semua tanaman yang digunakan tabib China sejak masa lampau, setidaknya 5.000 tahun lalu. Dampak utama ginseng dalam tubuh adalah untuk menormalkan fungsi kelenjar pituari. Kelenjar pituari dan tiroid mengatur produksi hormon-hormon lain dalam tubuh. Hormon seks dan adrenalin juga diatur oleh pituari. Hal inilah mengapa ginseng memiliki reputasi dapat memelihara organ kesehatan seksual.

China memiliki metode tradisional dan sederhana dalam memanfaatkan ginseng untuk kesehatan dan vitalitas. Sepotong akar kering disimpan di dalam saku seseorang sepanjang masa hidupnya. Ketika memerlukan pasokan energi, entah karena sakit, kelelahan atau ketika semangat hidup berkurang, akar dikeluarkan dan sebagian kecil dikunyah atau dimasak bersama satu teko teh sampai vitalitas tumbuh kembali. Lantas sisa akar ginseng dibiarkan disimpan kembali dalam saku hingga saat diperlukan. Di sinilah letak manfaat terbesar ginseng sebagai pembangkit energi jangka pendek.

Kandungan Utama Ginseng

  • 29 jenis saponin ginseng & glikosida,
  • 16 jenis asam amino,
  • 9 jenis polisakarida,
  • 7 jenis vitamin,
  • Germanium organik,
  • Magnesium, Potassium dan unsur-unsur lain.

Kandungan Ginseng lainnya :
  • Glikosida pada akar ginseng dikenal sebagai ginsenosida. Akar ginseng juga mengandungi 16 jenis ginsenosida seperti minyak asiri, panasena, resih, musilago, asam panax, fitosterol, hormon, vitamin B, kabohirat dan selulosa.
  • Ginseng mengandung karbohidrat kompleks, anti inflamasi, anti oksidan dan memiliki unsur-unsur anti kanker.
  • Ginseng memiliki banyak kandungan bioaktif lain seperti, phytosterols, peptides, polysaccharides, asam lemak, polyacetylenes, vitamin dan mineral.
  • Nutrien (Nutrien yang dikandung adalah kalsium, serat, folat, zat besi, magnesium, mangan, fosfor, potasium, silikon, zinc, vitamin Bi, B2, B3, B5 dan C).

Khasiat & Manfaat Ginseng :

Ginseng merupakan obat herbal alternatif yang sudah dipercaya sejak zaman dahulu kala sebagai obat kesehatan dan juga obat kuat bagi kaum laki laki. Sudah tidak diragukan lagi bahwa khasiat ginseng untuk kesehatan memang luar biasa. Mengonsumsi ginseng yang dipadukan dengan ramuan obat lainnya juga cukup baik untuk kesehatan dan kekuatan syaraf dan motorik. Di Indonesia ginseng sering digunakan dalam pengobatan tradisional.

Urutan 7 khasiat dan manfaat ginseng berikut ini :
  1. Mengobati diabetes
  2. Mencegah perkembangan kanker
  3. Mengurangi stres mental
  4. Merangsang sistem kekebalan
  5. Menurunkan kadar kolesterol
  6. Mengurangi kelelahan
  7. Meningkatkan daya tahan tubuh.

Di tahun 1969, Brehman, ilmuwan dari Uni Soviet (kini Rusia), juga meneliti manfaat ginseng. Dia mendapatkan hasil bahwa, tentara Uni Soviet yang mengonsumsi ginseng mampu lari lebih cepat ketimbang yang tidak makan ginseng.

Sebuah penemuan baru oleh Rusia, menyatakan bahwa manfaat ginseng  yaitu :
-   Atasi gangguan ereksi
-   Menghilangkan anemia,
-   Membantu mencegah diabetes,
-   Neurosis, batuk, asma, dan TB,
-   Bermanfaat untuk hati, juga dapat mengurangi efek signifikan dari mabuk,
-   Memperbaiki aliran dan meningkatkan produksi sel darah merah.

Meskipun Khasiat & Manfaat Ginseng Terbukti ampuh, tetapi jika Anda menderita tekanan darah tinggi, penyakit jantung, perdarahan atau gangguan pembekuan atau diabetes. Janganlah mengonsumsi ginseng tanpa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contact Me

Silah hubungi kami jika ada yang ingin disampaikan. caranya silahkan isi form yang ada di bawah ini. Nama Anda : Email: (wajib) Pesan: (wajib) Kami akan segera menghubungi anda secepatnya 2 kali dalam 24 jam. Thanks.....

Boleh Ga Ibu Hamil Minum Coca Cola, Apakah Aman ?

Mayoritas wanita mengandung mengalami mual dan tidak nafsu minum ketika hamil muda, untuk itu mereka sering bertanya apakah boleh ibu hamil minum coca cola dan aman ga ? Benar adanya memang kebanyak perempuan muda atau ibu-ibu sekarang gemar minum minuman bersoda dan untuk merubah kebiasaan ini tidaklah mudah. Bisa kita lihat berbagai iklan Coca Cola menggempur media televisi, internet dan media cetak sehingga memberikan persepsi bahwa kalau ingin momen berharga dan menyenangkan harus minum coca-cola, benar tidak ? Dan tidak heran juga banyak perempuan dengan anugrah kehamilan bertanya-tanya " ibu hamil boleh tidak minum coca cola ? "  Ada yang memberitahu kami bahwa minum coca cola selama masa kehamilan akan membuat anak cenderung bertingkah hiperaktif karena efek minuman bersoda, akan tetapi kebenaran hal ini masih belum diketahui karena blum ada penelitian yang konkret. Bolehkah Ibu Hamil Muda Minum Coca-Cola ? Sebenarnya wanita mengandung boleh dan aman minum coca cola me

Ciri Ibu Hamil Yang Mau Melahirkan

Ciri ibu hamil yang mau melahirkan akan menjadi pemahaman penting bagi mama yang akan dan sudah memasuki masa 9 bulan kehamilan sehingga dapat mempersiapkan fisik, mental dan segala keperluan untuk menyambut kedatangan jabang bayi terkasih. Sering ada dalam pikiran ibu hamil tetang adakah cara yang begitu tepat dalam memprediksi kapan persalinan itu tiba ? Jawabannya Tidak juga. Karena para ahli kandungan tidak sepenuhnya mengetahui betul kapan terjadinya persalinan, sehingga memprediksi secara tepat kapan persalinan di mulai dengan mengetahui ciri ibu hamil yang mau melahirkan. Tanda-Tanda Ibu Hamil Yang Mau Melahirkan Bunda kemungkinan akan merasakan beban berat di panggul bunda bahkan tekanan ini dirasakan sampai pada rusuk bunda, kemudian bunda merasa susah dalam bernapas dan ini adalah ciri awal masa persalinan. Kontraksi menjelang kelahiran dapat dikatakan sebagai tanda-tanda atau sinyal pra persalinan, di mana ada tekanan pada punggung dan beberapa perempuan hamil akan mengalami