Langsung ke konten utama

Faktor Penyebab Penuaan Dini Pada kulit Wajah dan Cara Mencegahnya

Hampir setiap wanita selalu menginginkan kulit wajah yang sehat, mulus, serta tetap terlihat kencang meskipun usia kita sudah tidak muda lagi. Namun, hal tersebut hampir tak mungkin akan menjadi kenyataan apabila Anda tidak memulainya melakukan perawatan sejak muda atau pun memulainya saat usia kita sudah masuk lanjut usia. P roses penuaan pada kulit wajah tidak bisa kita hindari sedikitpun,kamu hanya bisa mencegah atau melindungi agar dampaknya tidak lebih cepat ,kecuali kamu memang tipe orang yang terbiasa memulai melakukan ekstra perawatan ketika usia kulit kamu sudah mengalami penuaan. Memiliki kulit kendur atau keriput pada wajah merupakan suatu tanda bahwa proses penuaan atau perubahan kulit wajah sudah mulai terjadi dengan bertambahnya usia pada kulit kita.  Jika dibagi kulit memiliki 3 lapisan yang terdiri dari :  1. Bagian luar (epidermis), mengandung sel-sel kulit dan pigmen/warna kulit 2. Bagian tengah (dermis), mengandung pembuluh darah, saraf, folikel rambut, dan kelenjar

7 Cara Mencegah Sinusitis Agar Tidak Kambuh Lagi

Blog Dokter - Salah satu penyakit pernafasan yang cuku berbahaya adalah sinusitis. Sinusitis merupakan peradangan pada dinding sinus, yaitu rongga kecil berisi udara yang terletak di belakang tulang pipi dan dahi. Sinus tidak mengenal usia ia bisa menjangkit siapa saja. Diawali dengan rasa sakit rasa sakit di tenggorokan, nyeri pada dahi atau di sekitar mata, nyeri di tulang pipi, bau napas yang tidak sedap merupakan tanda dan gejala dari sinusitis. 

Sinusitis cukup mengganggu aktifitas anda. Dan jika tidak segera diatasi tentunya juga secara jangka panjang akan sangat berbahaya. Jika anda merasa bahwa gejala diatas pernah anda alami maka segeralah menghubungi dokter dan ingatlah untuk mencegah sinusitis dengan cara dibawah ini agar tidak kambuh lagi.

Cara Mencegah Sinusitis Agar Tidak Kambuh Lagi

Berikut Panduan Cara Mencegah Sinusitis Kambuh Lagi

1. Rajin cuci tangan

Sebaiknya perhatikan mengenai tangan anda yang bersih. Rajinlah mencuci tangan sebab biasanya tanpa sangaja anda akan menyentuh mata, hidung, dan mulut. Hal tersebut bisa membuat kuman dapat masuk ke dalam tubuh lewat tiga “pintu” utama ini dan membuat Anda sakit. Dengan mencuci tangan anda dapat mencegah penyebaran kuman dengan efektif dan secara tidak langsung mencegah sinusitis agar tidak kambuh.

2. Perbanyak minum air

Air putih juga bisa sangat membantu mencegah munculnya sinusitis. Perbanyaklah minum air agar selaput lendir mu terjaga dan mencegah saluran hidung kering. Sebab selaput lendir harus tetap terhidrasi untuk bekerja secara efisien sehingga dapat mengurangi risiko tertular infeksi virus. Kesembuhan terhadap flu juga akan segera jika anda banyak meminum air.

3. Dapatkan vaksin flu tahunan

Ingatlah untuk mendapatkan vaksin flu setiap tahun untuk mencegah flu. Dengan itu secara tidak langsung anda juga telah mencegah sinusitis. Vaksin influenza selalu didesain ulang untuk mencocokkan rantai virus yang selalu mengalami perubahan setiap tahunnya. Vaksin flu direkomendasikan untuk : 

  • Semua anak usia 6-18 tahun 
  • Orang dewasa >65 tahun 
  • Orang dewasa yang berisiko tinggi mengalami komplikasi influenza 
  • Petugas kesehatan 

4. Hindari stres

Stress juga bisa memicu kambuhnya sinusitis anda. Jika anda stress mala antbodi akan bekerja dan bereaksi. Secara tidak langsung pula maka anda akan menggosk-gosok hidung hingga membuatnya terinfeksi dengan cepat yang menjadi pemicu munculnya sinusitis.

5. Konsumsi makanan bergizi

Tidak ada yang mengalahkan jika kalian menjaga makanan bergizi untuk anda konsumsi. Perbanyaklah mengonsumsi sayur dan buah-buahan agar dapat menjaga tubuh Anda tetap dalam keadaan prima. Makanan bergizi bisa menjaga kekebalan tubuh anda selain itu mengandung antioksidan yang sangat baik menangkal partikel-partikel jahat yang akan menyerang tubuh.

6. Hindari alergen di lingkungan

Kenalilah apa alergenmu dan upayakan untuk menghindarinya. Saat orang menderita sinusitis kronis ia sebaiknya menghindari daerah-daerah dan kegiatan yang dapat memperburuk kondisi mereka. Hindari semua hal yang menyebabkan peradangan seperti asap rokok, debu dan banyak lagi. Cucilah tangan dengan baik dimanapun dan upayakan menggunakan masker di keramaian.

7. Menjaga kesehatan mulut

Saat kesehatan dan kebersihan mulut tidak terjaga maka akan menyebabkan anda terkena sinusitis dengan sangat mudah. Masalah seperti gigi berlubang sangatlah berpengaruh terhadap kambuhnya sinusitis. Ingatlah untuk selalu menjaga kesehatan mulut anda.
Itulah 7 cara mencegah sinusitis agar tidak kambuh lagi dan menyerang anda di tengah-tengah aktifitas yang sangat sibuk. Selamat mencoba dan terima kasih.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contact Me

Silah hubungi kami jika ada yang ingin disampaikan. caranya silahkan isi form yang ada di bawah ini. Nama Anda : Email: (wajib) Pesan: (wajib) Kami akan segera menghubungi anda secepatnya 2 kali dalam 24 jam. Thanks.....

Boleh Ga Ibu Hamil Minum Coca Cola, Apakah Aman ?

Mayoritas wanita mengandung mengalami mual dan tidak nafsu minum ketika hamil muda, untuk itu mereka sering bertanya apakah boleh ibu hamil minum coca cola dan aman ga ? Benar adanya memang kebanyak perempuan muda atau ibu-ibu sekarang gemar minum minuman bersoda dan untuk merubah kebiasaan ini tidaklah mudah. Bisa kita lihat berbagai iklan Coca Cola menggempur media televisi, internet dan media cetak sehingga memberikan persepsi bahwa kalau ingin momen berharga dan menyenangkan harus minum coca-cola, benar tidak ? Dan tidak heran juga banyak perempuan dengan anugrah kehamilan bertanya-tanya " ibu hamil boleh tidak minum coca cola ? "  Ada yang memberitahu kami bahwa minum coca cola selama masa kehamilan akan membuat anak cenderung bertingkah hiperaktif karena efek minuman bersoda, akan tetapi kebenaran hal ini masih belum diketahui karena blum ada penelitian yang konkret. Bolehkah Ibu Hamil Muda Minum Coca-Cola ? Sebenarnya wanita mengandung boleh dan aman minum coca cola me

Ciri Ibu Hamil Yang Mau Melahirkan

Ciri ibu hamil yang mau melahirkan akan menjadi pemahaman penting bagi mama yang akan dan sudah memasuki masa 9 bulan kehamilan sehingga dapat mempersiapkan fisik, mental dan segala keperluan untuk menyambut kedatangan jabang bayi terkasih. Sering ada dalam pikiran ibu hamil tetang adakah cara yang begitu tepat dalam memprediksi kapan persalinan itu tiba ? Jawabannya Tidak juga. Karena para ahli kandungan tidak sepenuhnya mengetahui betul kapan terjadinya persalinan, sehingga memprediksi secara tepat kapan persalinan di mulai dengan mengetahui ciri ibu hamil yang mau melahirkan. Tanda-Tanda Ibu Hamil Yang Mau Melahirkan Bunda kemungkinan akan merasakan beban berat di panggul bunda bahkan tekanan ini dirasakan sampai pada rusuk bunda, kemudian bunda merasa susah dalam bernapas dan ini adalah ciri awal masa persalinan. Kontraksi menjelang kelahiran dapat dikatakan sebagai tanda-tanda atau sinyal pra persalinan, di mana ada tekanan pada punggung dan beberapa perempuan hamil akan mengalami